silat tradisional
SENI MAEN PUKULAN

    

                                                                                                                                                  

ASLI BETAWI

                                                                                                                                            

JURUS SABENI

    

                                                                                                                                                        

SABENI TENABANG

 

 

 

 

 

    

     

Ciri dari jurus kelabang nyeberang adalah gerakannya yang mengejar lawan dengan cepat dan berliku-liku seperti gerakan kelabang yang sedang mengejar mangsanya dikombinasikan dengan permainan tangan yang cepat tanpa henti dan dibarengi sesekali dengan sapuan kaki kanan kiri secara bergantian.  

Jurus ini apabila dilakukan dengan keluwesan dan kecepatan yang tinggi, memang akan sulit sekali untuk dihadapi karena konsentrasi lawan akan terpecah dua antara menghadapi serangan dari atas dan menghindari sapuan kaki agar tidak jatuh terbanting.  

Pendekar Sabeni berhasil merobohkan salah satu ahli beladiri Jepang dalam duel yang diadakan oleh penjajah Jepang dengan mempergunakan jurus Kelabang Nyeberang ini.

 

Hubungi :

+62-857-1969-0884

Jurus-jurus aliran silat Sabeni terkenal karena kecepatan dan kepraktisannya. Salah satu ciri khasnya adalah permainan yang rapat dan gerak tangan yang sangat cepat.  
Apabila ditelaah lebih jauh aliran Silat Sabeni merupakan aliran silat yang mengutamakan pada penyerangan dan tidak memiliki kembangan serta murni untuk beladiri. Berbeda dengan aliran silat tradisional Betawi lainnya yang dapat dipergunakan untuk menari/ngibing

 

PETA
 

 

Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang  < Zul Bachtir >

Kantor Kecamatan Tanah Abang Jl. K.H.Mas Mansyur No. 130,

Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang,

Jakarta Pusat 10230, Indonesia
                 

              +62-857-1969-0884                

 

 

 

ALAMAT
@ 2017 by sabenitenabang.com

 

 

Ciri khas dari Silat Sabeni ini adalah permainan yang dekat/rapat serta pada keluwesan gerak dan kecepatan tangan yang disinkronisasikan dengan sapuan kaki untuk membanting.

Kecepatan pada aliran Sabeni merupakan hal penting dan wajib. Tanpa adanya kecepatan akan sulit untuk mengaplikasikan secara sempurna jurus-jurus serta teknik bantingan kaki dari Sabeni. Kecepatan dan keunikan gerakan aliran Sabeni inilah yang membuat aliran Sabeni merupakan aliran yang sangat disegani dan dihormati pada masa-masa dimana Pendekar Sabeni hidup. Bahkan beberapa gerakan/jurusnya dipergunakan juga oleh aliran silat lain sebagai pelengkap dari jurus-jurus aliran silat lain tersebut.

    

     

bulu ekor nya sambil menggoyang-goyangkan pantatnya (“ngigel”) ke kanan dan ke kiri.  

Aplikasi pada jurus ini adalah bulu ekor merak digantikan oleh tangan yang membentang pendek di depan dada yang lalu menarik kedua tangan lawan ke dekat dada yang diteruskan dengan pukulan siku dan serangan bawah mempergunakan pinggul. 

Apabila dilakukan pada waktu yang tepat dan kecepatan yang tinggi diikuti gerakan memutar dari tubuh, akan mengakibatkan lawan terpental cukup jauh. Jurus Merak Ngigel biasanya dipergunakan untuk pertarungan yang sangat dekat/ hampir tanpa ruang.  

Keindahan jurus ini sempat diaplikasikan oleh para mahasiswa/i Institut Kesenian Jakarta (“IKJ”) dalam salah satu pentas kreasi seni tari mereka.

    

     

Jurus Naga Ngeram ini dilakukan layaknya seekor naga yang sedang mencengkeram lawan dan segera membantingnya ke bumi.

Cengkeraman yang dilakukan akan membuat lawan tak berkutik seketika sebelum akhirnya roboh dalam sekejap.

Kelabang Nyeberang

Merak Ngigel

Naga Ngeram

JADWAL LATIHAN

Jurus Merak Ngigel juga tidak kalah tenarnya. Banyak jago-jago baik dari Betawi maupun luar Betawi yang dijatuhkan oleh Pendekar Sabeni dengan Jurus ini.

Jurus Merak Ngigel memang unik karena jurus ini meniru gerakan burung Merak yang sedang menari kasmaran membentangkan